Sejarah dan Asal-usul Ayam Geprek Original Yang Fenomenal

Sejarah dan Asal-usul Ayam Geprek Original Yang Fenomenal Cara Membuat Ayam Geprek Original

Resep ayam geprek original ditemukan oleh seseorang yang bernama Ruminah dari daerah asal Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, DIY. Sang pelopor ayam geprek ini tinggal di kota Yogyakarta dan mendirikan sebuah warung makan Ayam Geprek Bu Rum Awalnya, Bu Rum diketahui semula menjual lotek, soto, dan makanan lain pada tahun 2003. Bu Rum semula juga menjual ayam krispi sebagai lauk tambahan dan seiring bertambahnya waktu penikmat hidangan Bu Rum semakin banyak dan konsumen meminta ayam gorengnya diberi sambal. Hingga akhirnya Bu Rum berkreasi dengan hidangannya yakni ayam krispi yang diberi sambal kemudian digeprek atau sedikit dihancurkan ayam krispi tersebut.

Resep ayam geprek original
Resep untuk membuat ayam geprek original ini sangat mudah dikerjakan, karena hampir setiap bahan-bahan yang diperlukan dapat dibeli pada toko terdekat. Bahan-bahan membuat ayam geprek adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang dapat di lakukan yaitu membersihkan ayam. Silahkan ambil ayam yang sudah di sediakan, lalu cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Cuci ayam dari lemak atau lendir yang masih menempel. Sisihkan.
  • Kupas bawang merah dan bawang putih.
  • Setelah itu, cuci cabai rawit, cabai merah, tomat, bawang merah dan bawang putih. Jika sudah, sisihkan.
  • Siapkan wadah, lalu kocok lepas telur.

Cara Mengolah Ayam Crispy

  • Ambil ayam yang sudah di bersihkan tadi. Lalu rendam dalam air jeruk lemon, soda kue dan garam. Rendam ayam selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah 15 menit, tiriskan terlebih dahulu.
  • Masukan ayam yang sudah direndam dalam air jeruk nipis tadi ke dalam telur yang sudah di kocok. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 menit.
  • Selanjutnya, masukan tepung bumbu yang sudah di siapkan pada wadah. Lalu ambil ayam yang sudah direndam telur dan gulingkan di atas tepung bumbu. Pastikan ayam terbalut rata dengan tepung bumbu. Lakukan langkah yang sama untuk setiap potongan ayam.
  • Ambil wajan yang akan digunakan untuk menggoreng ayam. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja. Panaskan minyak goreng hingga meletup-letup.
  • Apabila minyak goreng sudah panas, silahkan masukan ayam yang sudah dibalut tepung bumbu ke dalam wajan dan goreng hingga matang dan crispy. Goreng ayam hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.
  • Apabila ayam sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

Sambal ayam geprek Istimewa

  • Masih menggunakan wajan yang sama, silahkan sisihkan minyak goreng bekas menggoreng ayam dan sisakan kurang lebih 3 sendok makan atau secukupnya saja untuk menggoreng bumbu.
  • Lalu masukan bumbu sambal seperti bawang putih, cabai rawit dan cabai merah hingga sedikit layu.
    Selanjutnya, masukan tomat yang sudah dipotong-potong dan tumis hingga tomat layu. Jika sudah seperti itu, kita bisa langsung mengangkatnya.
  • Siapkan cobek dan masukan semua bumbu sambal ke dalam cobek. Lalu haluskan, namun jangan terlalu halus, untuk rasa manis maupun asin dalam sambal dapat disesuaikan selera.

Cara Membuat Ayam Geprek Original
Jika semua bahan-bahan sudah selesai dimasak, langkah selanjutnya adalah ambil dan taruhlah ayam yang sudah kita goreng hingga crispy di atas sambal. Kemudian geprek ayam hingga hancur dan aduk sampai merata.